Mesin Waktu

Saat Irlandia Sahkan Perceraian Pertama

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 20:19 WIB
Foto: Ilustrasi perceraian (iStock)

Pada 1986 sebuah referendum pernah digelar di Irlandia untuk mengamandemen konstitusi terkait pelarangan perceraian itu. Hasilnya 63,5% masyarakat memilih menentang adanya amandemen. Ketika partai kiri dan tengah berkoalisi pada 1994 amandemen itu kembali digulirkan.

Dalam kampanye jelang referendum, seperti yang dikutip dari The Irish Time, Joan Burton, seorang petinggi Partai Buruh sekaligus pendukung amandemen konstitusi berkampanye dengan mengatakan bahwa perceraian adalah "proses yang lebih terhormat dan jujur".

Sementara dari pihak yang berseberangan, William Binchy, guru besar hukum dari Trinity College Dublin mengatakan, amandemen konstitusi yang diusulkan tersebut akan menghapus perlindungan konstitusional dari keluarga pertama demi pasangan kedua setelah perceraian"

Ketika akhirnya digelar pada November 1995, pihak yang setuju amandemen unggul sangat tipis tak lebih dari satu digit. Berbekal hasil referendum tersebut, pasal pelarangan perceraian itu dicabut. Konstitusi hasil amandemen baru disahkan pada 17 Juni 1996.

"Tidak ada prospek bahwa pasangan ini akan punya kesempatan untuk berekonsiliasi," ujar Hakim Barron saat membacakan putusan perceraian itu seperti yang dikutip The Examiner
Halaman

(pal/dnu)