Asman Abnur Deklarasi Caketum PAN, Karir Politik 20 Tahun Jadi Modalnya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 17:53 WIB
Foto: Asman Abnur deklarasi caketum PAN (Sachril/detikcom)
Jakarta - Asman Abnur mendeklarasikan maju menjadi caketum PAN. Karir politik selama 20 tahun menjadi modalnya untuk memimpin parpol berlambang matahari putih itu.

"Pertama, kenapa Asman Abnur maju? Saya ingin sampaikan perjalanan politik saya yang sudah sampai hari ini lebih kurang hampir 20 tahun. Artinya masa 20 tahun masa yang cukup matang dan banyak perjalanan yang saya peroleh," kata Asman, dalam acara Press Conference Calon Ketua Umum PAN Periode 2020-2025, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jumat (17/1/2020).



Asman menjelaskan, ia pernah menjadi anggota DPRD dan Wakil Wali Kota Batam. Selain itu, lanjutnya, Asman pun menceritakan kalau dirinya pernah menjadi anggota DPR RI selama 4 periode.

Usai jadi anggota DPR, Asman Abnur juga pernah menjabat sebagai Menpan RB. Dia memaparkan pencapaiannya selama menjadi menteri di kabinet Jokowi-JK.

"Mulai dari sistem recruitment pegawai negeri, sampai sistem pensiun, kemudian sampai penempatan jabatan pimpinan tinggi di pemerintahan," lanjutnya.



Asman siap menggelorakan semangat rekonsiliasi bila terpilih menjadi Ketua Umum PAN. Semangat rekonsiliasi adalah menggaungkan kembali semua potensi yang ada di PAN, yakni mulai dari pendiri sampai tokoh-tokohnya.

Dia menegaskan bahwa semua kader PAN adalah ujung tombak PAN. Dengan semangat rekonsiliasi, kata Asman, semua kader PAN akan menjadi calon pemimpin yang baik dan memiliki kompetensi di daerahnya masing-masing.

"Saya ingin dengan ini PAN punya modal dan semangat besar. Kedua, saya ingin menerapkan tata kelola partai yang secara sistematis bisa membuat masing-masing unit di partai ini menjadi produktif. Kita akan bangun kultur seperti sebutan saudaraku itu. Semangat rekonsiliasi adalah semangat persaudaraan. Itu yang menjadi fokus utama saya ke depan," tegasnya.


Simak Video "Bermodal Eks Menteri Jokowi, Asman Abnur Maju Caketum PAN"

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)