Kembangkan Transportasi Massal, Jakarta Dapat Penghargaan Internasional

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 17:15 WIB
Ilustrasi transportasi umum di Jakarta. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan 'Honorable Mention' dari Komite Sustainable Award (STA) di Washington DC, Amerika Serikat (AS). DKI Jakarta dinilai telah mengembangkan transportasi massal.

Jakarta masuk nominasi bersama 12 kota dari berbagai negara, seperti Richmond, AS; San Jose, Costa Rica; Kingston Kanada; Bogota, Kolombia; dan lain sebagainya. Lalu, bisa menduduki posisi tiga besar bersama Pune, India, dan Kigali, Rwanda.

Dalam keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas implementasi transportasi berkelanjutan di kota Jakarta. Mereka disebut berhasil mengembangkan sistem Bus Rapid Transit (BRT), TransJakarta, menaikkan jumlah penumpang hingga 200 persen dalam waktu kurang dari tiga tahun.


"Jakarta berhasil masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan," ucap Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, dalam keterangannya, Jumat (17/1/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2