Liga Inggris Dipersoalkan Dewas TVRI, Helmy Yahya Cerita 'Rejeki Anak Saleh'

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 17:00 WIB
Helmy Yahya (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Penayangan Liga Inggris di TVRI menjadi salah satu alasan di balik pemecatan Helmy Yahya dari posisi Direktur Utama TVRI. Helmy lalu bicara soal alasan penayangan hingga izin dari Dewan Pengawas (Dewas) TVRI.

Helmy mengatakan setiap stasiun televisi menginginkan sebuah program yang dapat menarik ponontonnya. Helmy menyebut bermodalkan kepercayaan jangkauan siaran, TVRI akhirnya menyiarkan Liga Inggris.

"Semua stasiun di dunia ingin memiliki sebuah program killer content atau monster content atau lokomotif content yang membuat orang menonton. TVRI karena kepercayaan orang karena jangkauan kami lima kali lipat dari TV lain akhirnya kami mendapatkan bekerjasama dengan Mola TV untuk menayangkan Liga Inggris, masyaallah," kata Helmy saat jumpa pers di Pulau Dua Resto, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).


Helmy mengaku tidak percaya ketika mendapatkan izin siaran itu. Namun saat ada pihak yang bertanya dia hanya menjawab bahwa didapatkannya penayangan Liga Inggris itu adalah sebuah rezeki.

"Saya pun nggak percaya. Di mana-mana orang bertanya, 'Pak Dirut anggaran nggak, kok bisa dapat?' Saya cuma jawab ini rejeki anak saleh," katanya.



Helmy kemudian menjelaskan pendanaan penayangan Liga Inggris. Dia menyebut dana bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

"Kan ini program 2019 ditawarkan, dananya anggarannya memang nggak ada. Karena anggaran 2019 sudah di-approve di awal tahun 2019 sementara tawaran itu di tengah tahun. Tapi kan kami mendapatkan, kami kan setiap tahun punya PNPB itu dari sewa pemancar, iklan dan lain-lain. Yang kami hitung bisa ini, bisa masuk, ya bisa dong. Tidak dilaporkan? Sudah pak," katanya.


Simak Juga Video "Sepak Terjang Helmy Yahya yang Dicopot dari Dirut TVRI"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2