Eks Presdir Lippo Cikarang Tersangka Meikarta Segera Disidang

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 15:39 WIB
Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK menuntaskan proses penyidikan tersangka kasus dugaan suap proyek Meikarta, Bartholomeus Toto. Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang ini segera disidang.

"Hari ini dilalukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersanga BTO (Bartholomeus Toto), swasta perkara suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi, ke penuntutan tahap dua," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Toto akan diadili di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung. "Rencana sidang akan dilakukan di PN Bandung," lanjutnya.




Sementara itu, Toto mengaku hingga saat ini tidak mengetahui alasan penetapan tersangka terhadapnya. Ia pun berharap pimpinan KPK dan Dewan Pengawas KPK memberi perhatian kasus yang menjeratnya.

"Hari ini saya menandatangi berkas saya sudah P21 walaupun sampai saat ini saya tidak mengerti apa yang ditersangkakan kepada saya. Saya menyakini pimpinan KPK dibawah Pak Firli dan Dewas akan memperhatikan kasus saya," ucap Toto saat keluar gedung KPK.

Kasus yang menjerat Toto ini bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Neneng Hassanah Yasin saat aktif sebagai Bupati Bekasi. Neneng telah divonis dan dinyatakan terbukti bersalah menerima suap berkaitan dengan proyek Meikarta.

Toto dijerat KPK sebagai tersangka belakangan karena diduga merestui pemberian duit Rp 10,5 miliar kepada Neneng untuk memuluskan perizinan Meikarta. Dalam kasus ini ada sejumlah tersangka yang sudah diproses KPK hingga divonis bersalah. (ibh/dhn)