Kades di Sumsel Ditahan karena Jual Beras untuk Orang Miskin

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 12:13 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Palembang - Seorang Kepala Desa (Kades) di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Sukarman (44) ditetapkan tersangka. Kades tersebut ditetapkan tersangka karena jual beras sejahtera (Rastra) yang seharusnya dibagikan pada masyarakat kurang mampu.

"Benar ada seorang Kades kami tetapkan tersangka. Dugaan karena menjual beras sejahtera untuk kepentingan pribadi yang seharusnya dibagikan pada masyarakat," tegas Kapolres OKI, AKBP Donni Eka saat ditemui di Polres, Jumat (17/1/2020).

Menurut Donni, kasus menjerat tersangka setelah adanya laporan dari warga sekitar. Srbab sang Kades tak membagikan beras jatah dari pemerintah dan dijual di pasaran.



"Beras ini dikemas di gudang Kades. Jadi beras Rasta dikemas yang awalnya 10 Kg menjadi 50 Kg dan dijual, unuk karungnya dia yang sediakan," kata Donni.

Setelah melakukan investigasi dengan tim Inspektorat, Bulog hingga Dinsos, Reskrim pun menetapakan Sukarman tersangka di kasus tersebut. Sementara untuk kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 239 juta lebih.

"Kerugian negara sekitar Rp 239 juta dan ini sudah dilakukan sejak 7 bulan terakhir. Saat kami datangi ke lokasi ada puluhan karung beras 10 Kg, 50 Kg yang itu masih tersegel ada juga posisi terbuka. Itu udah dikemas," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2