Mengenal Monyet Langka Surili yang Bikin Heboh Warga Cianjur

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 12:11 WIB
Foto: Surili Jawa (Masnurdiansyah/detikSport)
Jakarta - Warga Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dihebohkan dengan penampakan monyet yang diduga surili. Monyet ini dikenal sebagai primata endemik Jawa yang terancam punah.

Seperti dikutip dari laman Pusat Penelitian Primata Nasional Universitas Wisconsin-Madison, Amerika Serikat (AS), monyet surili dikenal dengan nama latin Presbytis (genus). Surili tersebar di negara Indonesia, Malaysia sampai Thailand. Spesiesnya pun beragam, ada Presbytis Chrysomelas (Surili Serawak), Presbytis Melalophos (Surili Sumatera), Presbytis Natunae (Surili Natuna) hingga Presbytis Comata (Surili Jawa). Spesies Surili terakhir inilah yang merupakan primata endemik Jawa Barat (Jabar).

Selain itu, surili Jawa juga dikenal dengan sebut monyet daun beruban, karena warna bulunya yang putih abu-abu seperti uban. Surili Jawa rata-rata memiliki berat 6 kg hingga 8 kg. Monyet ini kerap ditemukan di hutan hujan tropis. Lokasi spesifiknya, monyet ini biasanya suka hidup di hutan lereng gunung dan bukit dengan ketinggian 2.600 meter. Untuk makanannya, surili Jawa ini menyukai buah-buahan dan dedaunan.


Mereka juga suka hidup berkelompok. Maka dari itu, ketika menampakkan diri biasanya mereka selalu berkelompok, rata-rata 3 ekor hingga 12 ekor. Umumya, monyet ini hidup monogami.
Selanjutnya
Halaman
1 2