Round-Up

Bongkar Pasang Skenario Pembunuhan Hakim Jamaluddin

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 06:03 WIB
Foto: DOK. KEPOLISIAN/ Rekonstruksi saat Zuraida Hanum menemani hakim Jamaluddin makan malam
Medan - Zuraida Hanum sangat tenang merancang skenario pembunuhan hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin. Otak pembunuhan ini memperhitungkan matang
cara menutupi jejak pembunuhan suaminya.

Fakta-fakta terbaru terungkap saat rekonstruksi kedua yang digelar di kediaman hakim Jamaluddin di Perumahan Royal Monaco, Jl Eka Surya, Medan Johor, Medan, Kamis 16 Januari 2020.

"Karena istri korban ini hebat. Dia tenang, mungkin rekan-rekan bisa lihat. Tampilan dia sangat tenang," kata Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin di sela rekonstruksi.




Menurut Martuani, Zuraida sangat rinci menyusun skenario dan menyesuaikannya dengan kebiasaan suaminya. "Terus dia tahu kebiasaan suaminya, tak pernah keluar malam hari. Kemudian, kalau malam di perumahan ini ada sekuriti. Kalau sekuriti tahu keluar malam pukul 01.00 WIB dan yang bawa mobil itu bukan suaminya, maka dia sarankan, nanti setelah menjelang pagi," jelas Martuani.

Total ada 77 adegan yang diperagakan Zuraida dan dua eksekutor pembunuhan hakim Jamaluddin, Jafri Pratama dan Reza Fahlevi.

Berikut bongkar pasang skenario pembunuhan hakim Jamaluddin dan ketakutan Zuraida:

Skenario Sakit Jantung

Rekonstruksi kedua diawali, Zuraida istri Jamaluddin sebelumnya menjemput kedua eksekutor Jefri Pratama dan Reza Fahlevi dari Graha Johor. Jefri dan Reza menyiapkan diri menjelang membunuh hakim Jamaluddin.

Mereka memakai sarung tangan dan masker. Rencana awal, para pelaku hendak membuat skenario seolah-olah hakim Jamaluddin mengalami serangan jantung.




"Skenario pertama adalah korban diskenariokan mati karena mengalami serangan jantung. Makanya mereka tidak menggunakan benda kekerasan, tapi hanya menggunakan bantal dan bed cover," ujar Martuani.

Skenario itu gagal karena ada luka lebam di muka hakim Jamaluddin setelah tewas dibekap bantal dan bed cover.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3