Buntut OTT KPK, DKPP Ingatkan Komisioner KPU Tak Terima Tamu Sendirian

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 17:29 WIB
Anggota DKPP Ida Budhiati (tengah) (Lisye/detikcom)
Jakarta - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengingatkan para Komisioner KPU tak sendirian saat menerima tamu. Hal ini untuk mencegah potensi korupsi terjadi.

"Kalau menerima tamu itu tidak bisa sendiri tetapi juga memberitahukan pada kolega yang lain. Sekiranya kolega yang lain melaksanakan tugas dan tidak ada di tempat bisa mengajak juga sekretariat untuk ikut duduk mendengarkan apa yang sedang dibicarakan," kata anggota DKPP Ida Budhiati di kantor DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).



Ida mengatakan upaya tersebut dapat mengurangi kecurigaan KPU berpihak kepada salah satu peserta Pemilu. Ida mengatakan integritas ditunjukkan dengan aksi nyata.

"Hal ini bisa menghindari penyelenggara pemilu itu atas tuduhan-tuduhan yang negatif atau kecurigaan sekurang-kurangnya kepada penyelenggara pemilu, kecurigaan keberpihakan. Jadi integritas kemandirian itu tidak cukup diniatkan saja, tapi setiap sikap tindakannya itu memang harus nyata-nyata kelihatan mandiri, kelihatan berintegritas," ujarnya.


Tonton juga DKPP Beri Saran ke KPU: Terima Tamu Jangan Sendirian :


Selanjutnya
Halaman
1 2