Mahfud Md Terima Laporan Erick Thohir soal Masalah di Asabri

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 16:05 WIB
Erick Thohir bertemu dengan Mahfud Md. (Kadek/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengundang Menteri BUMN Erick Thohir untuk membicarakan masalah di Asabri. Erick kemudian melaporkan soal dugaan penyelewengan terkait penurunan aset karena salah investasi.

"Isunya kan ada dugaan waktu itu ketidakberesan atau dugaan korupsi waktu itu karena sebelum itu memang di media sudah ada bahkan dua hari sebelum itu sudah ramai di media. Kalau terjadi penurunan nilai aset yang diduga karena salah kelola, ramai. Apa sekarang yang ditemukan sampai saat ini oleh Kementerian BUMN yang tadi disampaikan kepada saya, saya persilakan Pak Erick Tohir," kata Mahfud Md seusai pertemuan di Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).


Erick kemudian menyampaikan kondisi Asabri saat ini. Dia menyebut kondisi keuangan Asabri stabil.

"Dalam keadaan keuangannya stabil, tetapi kalau ada penyelewengan daripada penurunan aset karena salah investasi kan ada prosesnya sendiri ya. Biar itu kan berjalan dengan sesuai dengan aturannya dan tentu domain hukum bukan di kementerian BUMN tapi kalo kami kan lebih ke korporasinya," ujar Erick.

Jika ternyata ada penyelewengan atau penurunan harga saham dari investasi Asabri, hal itu harus dibuktikan. Dia juga menyerahkan jika ada proses hukum maka ditangani pihak berwajib.

"Isunya antara operasional berjalan baik, tapi kalau ada misalnya penyelewengan itu proses hukum," tambah Erick.


Sementara itu, Mahfud Md meminta para prajurit TNI dan Polri tidak gundah soal masalah di Asabri. Dia memastikan masalah ditangani.

"Jadi sekarang ditangani. Jangan khawatir semuanya akan ditangani sesuai aturan. Tidak ada seorang pun yang boleh melakukan korupsi dan tidak ada seorang pun yang menuduh sembarangan korupsi kan gitu, harus fair. Oleh sebab itu, biarkan hukum berjalan," pungkas Mahfud.




Jika Bisa Tuntaskan Kasus Jiwasraya, Erick Thohir Bisa Moncer di Pilpres:

[Gambas:Video 20detik]



(imk/gbr)