Menkes: Warga Gunungkidul Kena Antraks karena Makan Daging Sapi Mati Mendadak

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 15:27 WIB
Foto: Menteri Kesehatan Terawan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Puluhan orang di Gunung Kidul positif antraks. Kementerian Kesehatan pun menerjunkan tim. Menkes Terawan mengungkapkan alasan warga terserang antraks.

"Ini langsung tim saya ke sana. Tim saya ke sana. Memang di sana diperkirakan memang sporanya ada di sana. Jadi kita akan terus lakukan kebetulan ya dirjen saya juga ke sana," kata Menkes Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Terawan mengatakan timnya telah melakukan pemeriksaan kepada warga. Antibiotik, kata dia, juga telah diberikan kepada warga yang terserang antraks.


"Jadi kita langsung mewaspadai semua, mengecek. Obatnya ya antibiotik. Sekarang baru dilakukan antibiotik. Memang obatnya antibiotik. Karena itu bakteri," ujarnya.

Dia mengungkapkan, terpaparnya antraks lantaran warga memakan daging sapi yang mati mendadak. Terawan pun berharap ke depan warga lebih waspada.

"Karena semua kena karena makan daging sapi yang mati mendadak ya. Kalau ndak makan itu ya ndak ketularan, tapi karena makan ya," kata Terawan.

Selanjutnya
Halaman
1 2