Ada Fraksi Keberatan, 50 RUU Prolegnas Prioritas Kembali Dibahas Sore Ini

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 11:39 WIB
Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi (Awiek) mengatakan ada fraksi yang masih keberatan terhadap 50 RUU yang masuk dalam program legisasi nasional (Prolegnas) prioritas 2020. Awiek menyebut RUU tersebut akan kembali dibahas sore ini bersama Menkum HAM Yasonna Laoly.

"Sebenarnya beberapa waktu lalu kita sudah melakukan rapat kerja, tapi rupanya ada miss-komunikasi antara teman-teman di anggota Baleg dengan fraksinya masing-masing. Saya nggak tahu miss-nya di mana, tapi ketika di rapat Bamus itu, fraksi-fraksi rupanya masih keberatan dengan RUU Prolegnas (prioritas) itu, mintanya dikurangin lagi," kata Awiek, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).


Namun, Awiek mengatakan belum ada kesepakatan terkait pengurangan itu. Pihaknya akan membahasnya bersama pemerintah dalam rapat sore ini.

"Nanti sore akan ada rapat kerja Baleg bersama pemerintah, dalam hal ini Menkum HAM, dan DPD untuk membahas RUU Prolegnas prioritas," katanya.

Awiek menyebut jika ada pengurangan, paling tidak dipotong menjadi 40 RUU. Namun, hal itu tergantung keputusan dalam rapat nanti.


"Misalkan 40. Kalau 40 kan rasional lah, ya kalau perlu lebih diturunkan lagi alhamdulilah, tapi kan kita tidak memaksa. Sebenarnya kalau RUU Prolegnas prioritas itu pas 50 sebenarnya nggak ada masalah," katanya.

"Toh pembahasannya sesuai dengan mekanisme, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kalau misalkan kondisinya memungkinkan membahas 40-nya, kenapa tidak? Tapi karena itu menjadi keputusan politik, ya kita ikuti bersama. Nanti sore kita rapat dengan Menkum HAM untuk dibahas kembali yang 50 prolegnas prioritas," lanjut Awiek.

Sebelumnya Badan Legislasi (Baleg) telah mengesahkan 50 RUU yang menjadi Prolegnas Prioritas 2020. Pengambilan keputusan tingkat II untuk prolegnas 2020-2024 telah dilakukan dalam rapat paripurna pada Selasa (17/12/2019) lalu.



Tonton juga video Puan Rapat Bareng Sri Mulyani Bahas RUU Prolegnas 2020:

[Gambas:Video 20detik]



(eva/azr)