BBWS Ciliwung-Cisadane Catat 15 Situ Hilang di Jabodetabek

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 17:32 WIB
Seminar penanganan banjir di Jabodetabek. (Eva/detikcom)


Bambang mengatakan sebenarnya ada lebih dari 400 situ yang tersebar di Jabodetabek. Namun, menurutnya, situ-situ itu telah hilang karena tidak dijaga.

"Jadi kalau bicara history situ di Jabodetabek ada lebih dari 400 situ, bahkan ada yang bilang sampe 600 situ. Kenapa sekarang nggak ada, karena selama ini situ tidak dikelola dengan baik," katanya.

"Sehingga terjadi sedimentasi yang dibiarkan lama-lama airnya meninggi dan menjadi daratan, situ yang tadinya genangan air akhirnya menjadi daratan dan dimanfaatkan masyarakat. Akhirnya situ menciut, berkurang lahannya. Itu yang terjadi sehingga sekarang ini banyak lahan, situ atau danau yang sudah diokupasi oleh pengembang," lanjut Bambang.


Dia mengajak masyarakat dan pihak terkait mempertahankan situ yang ada. Bambang mengatakan daerah resapan air berfungsi sebagai pengendali banjir.

"Jadi mari kita sama sama untuk mempertahankan. Karena situ-situ ini akan berfungsi sebagai daerah konservasi, kemudian situ ini juga akan membantu pengendalian banjir. Bahkan kita bisa manfaatkan di musim kemarau," tuturnya.
Halaman

(eva/haf)