Gubernur Sulut Tunggu Keputusan Kemendagri soal Pelantikan Bupati Talaud

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 14:53 WIB
Foto: Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. (Lisye-detikcom)
Jakarta - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey masih menunggu keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kepulauan Talaud. Olly menyebut akan mengikuti kebijakan pemerintah.

"Kan Mendagri itu pimpinan. Kalau memang keputusan diambil kita sebagai kepala daerah mengikuti," ujar Olly usai menghadiri pertemuan dengan Bupati dan Wakil Bupati Talaud di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).


Olly mengatakan pertemuannya dengan Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde yang difasilitasi Kemendagri itu berjalan lancar. Dia mengatakan semua pihak sepakat memberikan yang terbaik untuk Sulut dan Talaud.

"Hasil pertemuan semua tim ahli memberikan pendapat menyangkut pilkada, pelantikan yang ada di Kabupaten Talaud semua sudah memberikan argumentasi. Mudah-mudahan Mendagri mendapat suatu kesimpulan yang baik buat Sulawesi Utara dan Kabupaten Talaud," tutur Olly.


Olly menuturkan masing-masing pihak diberikan kesempatan untuk berbicara. Olly menegaskan akan menaati keputusan pemerintah.

"Diskusinya bebas, bicara santai semua, kami ada tiga dari tim ahli tata negara, Elly Lasut juga tiga, Pemerintah juga tiga. Intinya kembali ke Kementerian Dalam negeri untuk mengambil keputusan," katanya.

Diketahui, Olly menunda untuk melantik Elly dan Moktar dengan alasan putusan MA soal masa jabatan Elly dinyatakan 3 periode apabila dilantik. Sementara itu, Elly menegaskan dirinya sebagai calon terpilih sah berdasarkan keputusan KPU. Atas dasar polemik tersebut, Kemendagri akhirnya menjembatani kedua belah pihak.



Tak Kunjung Dilantik, Bupati Talaud Terpilih Minta Kemendagri Bersikap:

[Gambas:Video 20detik]



(lir/idh)