KPU Akan Jelaskan soal Pengambilan Keputusan di Sidang Etik Wahyu Setiawan

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 14:30 WIB
Ketua KPU Arief Budiman (Dwi/detikcom)
Jakarta - KPU akan menghadiri sidang etik yang dilakukan DKPP terkait tersangka suap Wahyu Setiawan. KPU menyiapkan bukti dokumen untuk melengkapi jawaban dalam sidang yang digelar di gedung KPK itu.

"Kami sudah mempersiapkan, barangkali ditanya jadi nggak nyari-nyari lagi sudah kita siapkan dokumen untuk melengkapi jawaban-jawaban yang nanti kami ditanya," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020).


KPU juga akan menjelaskan proses pengambilan keputusan yang dilakukan KPU serta usulan yang diajukan PDI Perjuangan dalam PAW.

"Penjelasan kita tentang pengambilan keputusan yang dilakukan oleh KPU. Terkait ya usulan-usulan PDI Perjuangan itu," kata Arief.


Selain itu, Arief mengatakan akan menjelaskan proses penghitungan hingga penetapan calon terpilih. Respons KPU terkait surat permohonan pergantian calon dari PDI Perjuangan juga akan dijelaskan di sidang.

"Kita mungkin akan menjelaskan secara keseluruhan proses dari awal bagaimana kita menghitung suara, menetapkan perolehan suara, menetapkan calon terpilih," kata Arief.

"Terus kemudian merespons surat PDIP Perjuangan, nanti kita jelaskan semuanya sampai surat kita yang terakhir yang tanggal 7 Januari," sambungnya. (dwia/idh)