3 Lubang Tambang Milik Bos Emas Ilegal di Bogor Ditutup Polisi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 13:51 WIB
Tambang emas ilegal yang ditutup (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta - Polisi menutup lokasi lubang tambang milik 2 pelaku bos tambang emas liar di Bogor. Lubang tambang ini tersembunyi di dalam bukit di perusahaan milik negara.

Pantauan detikcom, Rabu (15/1/2020), ada 3 lubang tambang yang ditutup polisi. Ketiga lubang ini berada di PT Antam UBPE Pongkor, Nanggung, Kabupaten Bogor. Polisi dan TNI pun turun ke lokasi dengan memakai mobil. Sekitar 60 personel diturunkan untuk menutup lubang tambang liar ini.



3 Lubang Tambang Milik Bos Emas Ilegal di Bogor Ditutup PolisiTambang emas ilegal ditutup (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)


Perjalanan dengan mobil dilakukan sekitar 5 kilometer. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tampak, polisi harus menuruni bukit untuk menuju lokasi. Medan pun terlihat curam. Perjalanan pun dilanjutkan dengan melewati jalur yang berbatu dan berlumpur yang licin. Polisi pun sampai di lubang tambang emas liar pertama usai melewati medan menanjak sekitar 500 meter.

Terlihat, lubang galian yang berdiameter sekitar 1,5 meter ini tertutup di antara banyak bambu. Tak butuh waktu lama, polisi dan TNI pun langsung menutup lubang tambang liar ini dengan memakai garpu besi dan cangkul. Tanah pun digali dan lubang tambang liar ini ditimbun tanah galian. Setelah itu, garis polisi dipasang.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju lubang tambang emas liar kedua. Jarak dari lubang pertama dan kedua ini berdekatan, yakni hanya sekitar 50 meter. Namun akses jalannya menanjak, terjal, dan licin.




Sesampainya di lokasi kedua, petugas pun melakukan hal yang sama, yakni langsung menutup lubang galian emas ilegal dan memasang garis polisi. Sesudah itu, perjalanan menuju lubang tambang emas liar ketiga dilanjutkan.

Untuk sampai ke lokasi ketiga, petugas harus turun kembali. Usai turun, mereka harus melintas di jalur licin, berbatu, dan berlumpur. Ketika sampai di lubang ketiga, tempat penambangan liar ini ditutup.

Selanjutnya
Halaman
1 2