'Sengketa' Mattoanging, YOSS: Pemprov Sulsel Sewenang-wenang Menyerang

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 11:06 WIB
Foto: M Nur Abdurrahman/ mediasi penertiban kawasan stadion Mattoanging Makassar
Makassar - Ketua Dewan Pembina Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) Andi Ilham Mattalatta memprotes upaya pengosongan kawasan Mattoanging. Penertiban dilakukan puluhan anggota Satpol PP dan pegawai Pemprov Sulsel.

"Saat ini status lahan Mattoanging masih diuji oleh pengadilan, pengosongan harus ada keputusan hukum tetap dan mengikat. Ini kesewenang-sewenangan, ini kan negara hukum, tidak boleh seenaknya pemerintah memaksakan kehendaknya," ujar Ilham, Rabu (15/1/2020).

Menurut Ilham, pihaknya akan mempertahankan kawasan Mattoanging hingga ada keputusan hukum tetap dari pengadilan. Ilham menyebutkan saat ini status lahan Mattoanging masih diproses di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar dan Pengadilan Negeri Makassar.




"Upaya paksa yang dilakukan Pemprov adalah tindakan pidana dan bentuk pelanggaran HAM, kami menolak upaya tersebut, kita uji dulu siapa yang berhak atas lahan ini," ujar Ilham yang juga ahli waris almarhum Andi Mattalatta.

Saat ini puluhan anggota Satpol PP masih bertahan di depan GOR Andi Matalatta. Puluhan anggota Brimob Polda Sulsel dan Polrestabes Makassar masih berjaga-jaga di lokasi sengketa.





(mna/fdn)