Sejumlah Orang Sempat Diamankan Polisi Usai Demo Depan Balai Kota

Arief Ikhsanudin, Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 18:23 WIB
Sejumlah orang diamankan seusai demonstrasi di depan Balai Kota DKI. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Sejumlah orang terlihat sempat diamankan seusai demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta. Mereka dibawa dengan truk polisi.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (14/1/2020), mereka digiring oleh kelompok pro-Anies untuk diperiksa di pos pengamanan Balai Kota dekat gerbang utama.

Setelah diperiksa, seorang saksi yang mengaku bernama Lukman mengklaim orang yang ditangkap itu adalah pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mengaku bertanggung jawab terhadap orang-orang itu.

"Saya menjamin bukan pendemo Anies. Saya Lukman Abidin dari Jakarta Timur. Saya tanggung jawab dia, dunia-akhirat," ucap Lukman.

Sejumlah orang itu kemudian dibawa masuk ke truk polisi. Terlihat ada 3 perempuan dan 14 laki-laki yang dibawa.


"Kita kawal saja di Polres. Mereka amankan di Polres Jakarta Pusat. Mereka bagian dari kita. Kita selesaikan, mereka bukan mau ngaco," ucap Lukman.

"Memang mereka mohon maaf kotor-kotor. Ini mereka pasang spanduk," sambungnya.

Lukman menyebut mereka yang diamankan itu membawa spanduk dukungan untuk Anies di dekat Balai Kota. Kemudian mereka pergi ke Patung Kuda, untuk menemui pihak kontra-Anies Baswedan, namun dihadang oleh polisi.

"Mereka ini datang bawa spanduk, spanduk mereka, 'Kawal Pak Anies Sampai Tuntas' dan kejadiannya (penghadangan) tidak di sini, tapi di sana dekat patung kuda," ucap Lukman.


Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKPB Tahan Marpaung menyebut hanya membawa mereka keluar dari Balai Kota. Mereka tidak dibawa ke Mapolres Jakarta Pusat.

"Yang bawa ke polres siapa? Kan tadi ustaznya (Lukman) yang minta mereka dikeluarkan dari situ," ucap Tahan. (aik/haf)