Koperasi Wanita di Semarang Didorong Jadi Wadah Usaha Para Anggota

Akfa Nasrulhak - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 17:52 WIB
Foto: Pemkot Semarang
Jakarta - Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi wanita Mekar Melati di ruang Lokakrida, Balai Kota Semarang. Dalam kesempatan tersebut, wanita yang akrab disapa Ita itu memuji koperasi wanita yang dinilai cukup tangguh dan berhasil meraih juara 2 di tingkat Kota Semarang ini.

Memiliki badan hukum sejak tahun 1996, lanjut Ita, koperasi Mekar Melati kini beranggotakan 1.877 orang. Tak hanya itu, koperasi ini juga telah berhasil membukukan aset sebesar, yakni Rp 6 miliar dan terus mengalami peningkatan baik dari sisi modal, SHU, maupun hutang jangka pendek.

"Ke depan, mungkin bisa dilakukan berbagai terobosan untuk semakin menghidupkan koperasi Mekar Melati ini. Dukungan baik dari Pemerintah kota melalui Dinas Koperasi akan diteruskan untuk mengoptimalkan kinerja koperasi Mekar Melati ini," ungkap Ita, dalam keterangan tertulis, Selasa (14/1/2020).


Ita juga mendorong koperasi Mekar Melati agar dapat memiliki bangunan sendiri sehingga dapat lebih optimal mengembangkan usahanya. Selain itu, ia berharap ke depan koperasi Mekar Melati tidak hanya berisi usaha simpan pinjam semata, melainkan dapat menggerakkan bisnis sebagai wadah yang menampung hasil usaha para anggotanya. Dengan demikian, keberadaan koperasi ini juga akan ikut bersama mengembangkan usaha dan kesejahteraan anggotanya.

Dalam RAT ini, ketua koperasi menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus serta pengawas koperasi tutup buku tahun 2019 sekaligus rencana program kerja dan rencana Anggaran Pendapatan Belanja tahun 2020. Bersamaan dengan RAT ini, diserahkan pula SHU dan simpanan para anggota.

(akn/ega)