Ikatan Khatib DMI Dorong Khatib Bersertifikat: Tanggung Jawabnya Dunia-Akhirat

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 17:38 WIB
Wakil Ketua Umum Ikatan Khatib DMI Munawar Fuad (Jefri/detikcom)
Jakarta - Pengurus Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengatakan pihaknya akan menerapkan sistem khatib bersertifikat. Hal tersebut dikemukakan usai bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin siang tadi.

"Ikatan khatib juga akan memberlakukan sistem dan mekanisme profesi khatib bersertifikat, bukan sertifikasi khatib ya, menurut standar ikatan khatib Indonesia bekerja sama dengan MUI, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan seluruh lembaga. Termasuk masjid kampus seluruh Indonesia," kata Wakil Ketua Umum Ikatan Khatib DMI Munawar Fuad di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).



Dia mengatakan hal tersebut akan menjadi salah satu pembahasan pada Halaqah Nasional Ikatan Khatib DMI, yang akan dilaksanakan pada 14-16 Februari 2020 di kawasan Bogor. Munawar pun menyebutkan pentingnya sertifikat ini karena tanggung jawab seorang khatib dalam menyampaikan khotbah adalah dunia dan akhirat.

"Saya kira ini soal market ya. Ini secara kelembagaan, secara profesional, kompetensi, dan komitmen kebangsaan khatib bersertifikat ini mempunyai sesuatu yang bisa kita, ini kan pertanggungjawabannya dunia-akhirat," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2