Polri Siap Bantu KPK Temukan Tersangka Suap Harun Masiku

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 15:04 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Polri mengatakan kesiapannya membantu KPK mencari keberadaan tersangka suap Harun Masiku. Saat ini polisi menunggu permintaan KPK untuk memberikan bantuan.

"Pada prinsipnya kepolisian akan maksimal membantu, sebatas ada permintaan dari KPK," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Berkaitan dengan itu, Argo menyebut status Harun sebagai buronan perlu dipastikan lebih dulu. Bilamana nama Harun sudah dimasukkan ke daftar pencarian orang (DPO), maka Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri akan ikut bergerak.


"Tentunya kita masih menunggu permintaan dari KPK, apa yang bersangkutan sudah ditetapkan DPO tentunya nanti dari Divhubinter misalnya yang bersangkutan di luar negeri," ujarnya.

Seperti diketahui, nama Harun Masiku masih menjadi buruan KPK. Harun merupakan tersangka dugaan kasus suap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Harun disebut pergi ke Singapura 2 hari sebelum operasi tangkap tangan (OTT) dan hingga saat ini belum terlacak keberadaannya.

KPK resmi menetapkan Harun Masiku dan Wahyu Setiawan sebagai tersangka pada Kamis, 9 Januari 2020. Harun diduga memberi suap Wahyu berkaitan dengan kepentingan Harun dalam pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dari PDIP yang meninggal dunia yakni Nazarudin Kiemas. (abw/dhn)