Doa Perpisahan agar Dipertemukan Kembali oleh Allah SWT

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 05:00 WIB
Doa perpisahan. Foto: iStock
Jakarta - Ada pertemuan dan perpisahan. Keduanya seolah tidak dapat dipisahkan. Ketika kita berpisah, ada doa yang dapat kita panjatkan agar dipertemukan kembali.

Kehidupan akan mempertemukan kita dengan seseorang dan membuat kita berpisah untuk bertemu dengan seseorang yang baru. Apalagi di dalam hidup, tentu banyak orang yang datang dan juga pergi.



Allah SWT telah mempertemukan kita dengan orang-orang yang Dia sudah gariskan dalam takdir kita. Sehingga menjadi hal yang lumrah ketika pertemuan pasti ada perpisahan, di mana ada awal dan akhir.

Doa perpisahan tentu membuat kita berharap agar Allah mengumpulkan kita semua untuk berjumpa kembali tidak hanya di dunia tetapi di surga.

Rasulullah saw pernah menerangkan tujuh golongan yang akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Salah satunya adalah dua orang yang saling mencintai karena Allah SWT sehingga tidak bertemu dan tidak juga berpisah kecuali karena Allah.


Sebagaimana diriwayatkan dalam hadist Rasulullah saw dari Abu Hurairah RA:

وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ


Artinya: "Dua orang yang saling mencintai karena Allah. Mereka berkumpul dan berpisah semata-mata karena Allah."


Sangat dianjurkan ketika berpamitan, seseorang disunnahkan untuk saling mendoakan dan saling berwasiat dalam kebaikan. Rasulullah SAW bersabda:

التَّقْوَى، قَالَ: زِدْنِي، قَالَ: وَغَفَرَ ذَنْبَكَ قَالَ: زِدْنِي بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي، قَالَ: وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ.(رواه الترمذي)


Artinya: Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu: telah datang seseorang kepada Nabi Muhammad Saw dan berkata: wahai rasulullah sesungguhnya aku ingin bersafar, maka berilah aku bekal. Rasulullah bersabda :Semoga Allah memberikanmu bekal ketakwaan. Orang-orang tersebut berkata: tambahlah. Beliau mengatakan: dan semoga Dia mengampuni dosamu. Ia berkata: tambahlah. Beliau pun menjawab: semoga Dia memudahkan untukmu segala kebaikan di mana pun engkau berada. (HR. Tirmidzi)


Sehingga dari hadist tersebut menunjukkan bahwa doa dalam diri seorang muslim akan menjadi hal yang manjur untuk seorang sahabat disaat berpisah. Doa ataupun nasihat baik sangat penting dipanjatkan ketika ingin berpisah dengan seseorang. Harapannya, semoga Allah SWT selalu meridhoi kita.

(lus/erd)