Polisi: Hacker Situs PN Jakpus Sudah Retas Ribuan Website Dalam-Luar Negeri

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 15:20 WIB
Foto: Bil Wahid/detikcom
Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap 2 tersangka peretasan situs Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tersangka CA dan AY ternyata juga telah meretas ribuan situs lainnya.

"Tersangka CA merupakan pendiri komunitas Typical Idiot Security yang diketahui telah berhasil melakukan defacing terhadap sekitar 3.896 website, yang berasal dari luar dan dalam negeri," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).



Kasubdit I Direktorat Siber Bareskrim Polri, Kombes Reynhard Hutagaol menjelaskan, kedua tersangka ditangkap pada 8 dan 9 Januari lalu di tempat terpisah. Mereka belajar melakukan peretasan secara otodidak untuk aktualisasi diri.

"Tersangka AY dengan menggunakan nickname 'KONSLET' diketahui berhasil melakukan defacing atau hacking terhadap 352 situs dalam dan luar negeri," kata Reynhard.

"Kedua tersangka CA dan AY belajar melakukan deface atau hacking secara otodidak. Pendidikan terakhir keduanya adalah lulusan SD dan SMP," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2