Rapat Rehabilitasi Hutan, Menteri LHK: Kita Kerja Keras Pemulihan Lingkungan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 12:17 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengumpulkan Kepala UPT Daerah Aliran Sungai (DAS) se-Indonesia. Siti mengingatkan, 2020 merupakan tahun untuk pemulihan lingkungan.

Siti awalnya berbicara tentang masalah banjir-tanah longsor yang terjadi pada awal 2020. Dia menyebut KLHK harus melakukan sesuatu, khususnya terhadap DAS.

"Sehubungan dengan persoalan-persoalan banjir, longsor, dan lain-lain di dalam wilayah kita. Mau tidak mau berada dalam wilayah DAS, maka kita harus melakukan sesuatu. Jadi rapat kerja teknis hari ini pokoknya adalah pertama kami ingin mendengar evaluasi dari semua UPT DAS se-Indonesia," ujar Siti di Ruang Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).


Hal itu disampaikan Siti dalam Rapat Kerja Teknis Rehabilitasi Hutan dan Lahan Daerah Aliran Sungai 2020. Dia berharap para Kepala UPT DAS memberi penjelasan tentang masalah yang ada di kawasan masing-masing.

Rapat Rehabilitasi Hutan, Menteri LHK: Kita Kerja Keras Pemulihan LingkunganRapat di KLHK (Farih/detikcom)

Dia juga menyebut KLHK mendapat arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2020. Dia mengatakan Jokowi memberi perintah untuk melakukan pemulihan lingkungan secara maksimal.

"Saya ingin tegaskan tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kenapa? Karena bapak presiden menegaskan secara khusus bahwa rhl harus berlipat-lipat untuk pemulihan lingkungan," ucapnya.


Siti mengatakan Jokowi memerintahkan dirinya dan jajaran KLHK untuk bekerja keras melakukan pemulihan lingkungan. Menurutnya, UPT DAS paling mengetahui kerusakan lingkungan yang terjadi di daerah masing-masing.

"Saya diperintahkan Presiden bahwa kita akan kerja keras melakukan pemulihan lingkungan, itu perintah Presiden," ujarnya. (fas/haf)