KPK Panggil Saksi Kasus Meikarta yang Dipolisikan Eks Presdir Lippo Cikarang

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 10:21 WIB
Gedung Baru KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - KPK memanggil mantan petinggi PT Lippo Cikarang, Edi Dwi Soesianto, sebagai saksi terkait kasus dugaan suap proyek Meikarta. Edi Dwi diperiksa sebagai saksi untuk tersangka eks Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto.

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka BTO (Bartholomeus Toto)," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (13/1/2020).


Edi Soes dipanggil dalam kapasitas sebagai Kepala Departemen Land Acquisition Permit PT Lippo Cikarang. Edi Soes diketahui dilaporkan ke polisi oleh Bartholomeus Toto. Toto menuding Edi Dwi memberikan keterangan palsu dalam persidangan kasus tersebut.

Dalam persidangan kasus dugaan suap Meikarta tersebut, Edi Soes memang pernah dihadirkan sebagai saksi. Jaksa menyebut pertemuan antara petinggi Lippo Group, James Riady, dan eks Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin itu diinisiasi oleh Toto dengan meminta bantuan kepada Edi Dwi Soesianto yang menjabat Kepala Divisi Land Acquisition and Permit PT Lippo Cikarang.

Namun Toto membantah bahwa pertemuan itu atas permintaan dirinya. Pertemuan itu justru berawal dari informasi Edi Soes yang menyebut Bupati Neneng baru melahirkan.

Jaksa kemudian memperdengarkan rekaman percakapan Toto dan Edi Dwi yang membahas soal pertemuan James dan Neneng dalam persidangan itu. Edi Dwi pun mengakui jika pertemuan James Riady dan Neneng memang untuk membahas proyek Meikarta.

Dalam perkara dugaan suap proyek Meikarta ini, Bartholomeus Toto ditetapkan sebagai tersangka. Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Neneng Hassanah Yasin saat aktif sebagai Bupati Bekasi yang kini sudah divonis dan dinyatakan terbukti bersalah menerima suap berkaitan dengan proyek Meikarta.

Toto dijerat KPK sebagai tersangka belakangan karena diduga merestui pemberian duit Rp 10,5 miliar kepada Neneng untuk memuluskan perizinan Meikarta. Dalam kasus ini ada sejumlah tersangka yang sudah diproses KPK hingga divonis bersalah.



Eks Presdir Lippo Cikarang Minta Perlindungan Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/haf)