Kata Dinas PUPR Soal Penyebab Jalan Daan Mogot Tangerang Amblas 2 Meter

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 14:07 WIB
Jalan Amblas Daan Mogot. (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta - Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky Priambodo mengatakan amblasnya jalan berdiameter 3 meter di Jalan Daan Mogot, Tanah Tinggi disebabkan adanya pipa PDAM yang bocor. Dia menyebut jalan yang amblas awalnya gerowong yang terus besar.

"Ya memang kalau menurut saya ini ada beberapa penyebab ya, pertama memang ada PDAM pipa yang bocor di dalamnya. Ini kan kejadian tidak semerta-merta seperti ini, ada bocor, apalagi kemarin kan hujan tinggi jadi saluran juga masuk mencari jalannya, akhirnya begitu besar diameter cukup besar di dalam sampai 2 meter ada di dalam sana," kata Decky di Jalan Daan Mogot, SD Tanah Tinggi, Tangerang Kota, Minggu (12/1/2020).



Decky menjelaskan, akibat banyak air dari kebocoran pipa, struktur jalan menjadi tidak kuat. Saat ini pihaknya melakukan evaluasi dan penanganan untuk mencegah risiko jalan amblas semakin melebar.

"Kan tadinya gerowong, selama strukturnya masih kuat nggak ada masalah. Terus tiba-tiba mungkin airnya banyak di mana-mana. Pada saat kemarin tuh jebol juga makin banyak ya, tiba-tiba 'plung' karena memang gerowongnya sudah cukup besar. Pak Wali kan bilang bongkar aja, tapi kan kembali lagi kewenangan pusat, PU pusat, yang kami lakukan membantu," ucapnya.



Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang juga turun untuk mengatur lalu lintas di Jalan Daan Mogot mengarah ke Tangerang Kota yang macet akibat jalan amblas. Dishub akan memberlakukan rekayasa lalu lintas jika perbaikan jalan mulai dilakukan.

"Sementara kami tutup jalur yang memang membahayakan dan ini sementara diberlakukan satu jalur untuk dari arah Jakarta menuju Tangerang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyu Iskandar.


Tonton juga Jokowi Minta Menteri PUPR Segera Buka Akes ke Desa Terisolasi :

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)