Beda dari Ngabalin, Pengamat Nilai Presiden Bisa Ditilang Bila Langgar Aturan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 10:23 WIB
Jokowi saat sunmori atau Sunday morning ride beberapa waktu lalu. (Dok. detikcom)
Jakarta - Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menganggap aturan lampu sepeda motor harus menyala saat siang hari tidak serta-merta disamakan dengan antara presiden dan rakyat. Pengamat transportasi tak setuju dengan pendapat Ngabalin.

Pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, mengatakan presiden memang punya pengawalan khusus dan bisa mendapatkan diskresi polisi. Namun, menurutnya, semestinya perlakuan terhadap Presiden Jokowi sama dengan terhadap rakyat secara umum.

"Ada kekhususan dengan VVIP. Bisa dengan diskresi polisi juga. Tapi nanti tunggu keputusan MK. Memang sebaiknya, harus sama (perlakuannya)," ujar Djoko kepada wartawan, Minggu (12/1/2020).


Menurutnya, orang di sekitar Jokowi harus taat aturan. Namun, Djoko menilai, secara pribadi Jokowi tak akan melanggar aturan jika tahu.

"Artinya, orang di sekitar presiden harus taat aturan. Walau dalam kondisi dikawal. Betul (seharusnya tak ada pembedaan perlakuan). Pasti Pak Jokowi tidak tahu, kalau tahu, pasti beliau ikuti aturan," ujar Djoko.

Djoko menilai aturan sepeda motor wajib menyalakan lampu pada siang hari tak terlalu berpengaruh. Djoko menilai, untuk meningkatkan keselamatan, menurutnya, lebih penting untuk menurunkan kapasitas silinder sepeda motor.


"Sebenarnya, sekarang ini tidak banyak pengaruhnya. Apalagi pesepeda motor sering abaikan keselamatan. Harusnya, kebijakan menurunkan kapasitas silinder sepeda motor. Banyaknya kecelakaan sepeda motor karena lajunya tinggi. Coba sepeda motor bebek, pasti tidak ada yang berani perjalanan jauh gunakan sepeda motor," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan menilai setiap warga berhak mengajukan gugatan, bahkan ganti rugi, bila merasa dirugikan aparat. Edison menilai Jokowi juga semestinya jadi contoh.


Tonton juga Ini Momen Jokowi Tak Nyalakan Lampu Motor yang Dipertanyakan Eliadi :


Selanjutnya
Halaman
1 2