Lewat Ontel, Komunitas Ini Ingin Tularkan Semangat Pahlawan ke Milenial

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 12 Jan 2020 09:19 WIB
Foto: Komunitas Onthel Batavia (Koba) menularkan semangat pahlawan dengan mengayuh onthel dan pakaian pejuang (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - Komunitas Ontel Batavia (Koba) terus konsisten untuk mengayuh sepeda jaman dulu. Koba melihat ada semangat perjuangan dari para pahlawan yang bisa ditularkan ke generasi milenial.

"Kita memilih ontel sebagai cara untuk mengenang sejarah perjuangan pahlawan. Para orang tua kita, pahlawan-pahlawan kita menggunakan ontel sebagai alat transportasi mereka ketika berjuang merebut kemerdekaan," kata Ketua Koba, Darsono, saat ditemui di Car Free Day Bunderan HI, Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Dia mengatakan Koba punya misi melestarikan semangat perjuangan pahlawan.


Beragam cara bisa dilakukan dalam mengenang perjuangan para pahlawan. Salah satunya adalah lewat sepeda ontel. Darsono mengatakan dengan menggunakan sepeda ontel dengan atribut-atribut lengkap pakaian pejuang, membuat rasa nasionalisme semakin terasa.

Lewat Onthel, Komunitas Ini Ingin Tularkan Semangat Pahlawan ke MilenialFoto: Komunitas Onthel Batavia (Koba) menularkan semangat pahlawan dengan mengayuh onthel dan pakaian pejuang (Yogi Ernes/detikcom)

Hal tersebut juga digunakan komunitasnya untuk menarik perhatian dari para masyarakat, khususnya generasi muda.

"Kita milih ontel itu sebagai trademark kita, lengkap sama pakaiannya yang persis seperti masa perjuangan dulu. Jadi itu yang buat kita beda sama yang lain," lanjut Darsono.

Pantauan detikcom pukul 08.25 WIB di Bundaran HI memang terpantau ada sekitar lebih dari 50 sepeda ontel beserta para anggota komunitas yang menggunakan pakaian khas para pejuang kemerdekaan. Para anggota tersebut secara ramah melayani permintaan foto dari masyarakat yang berlalu-lalang.


Tonton juga Kemendikbud Tetapkan "Milenial" Jadi Kata Terpopuler 2019 :


Selanjutnya
Halaman
1 2