Rektor IPB Arif Satria Jadi Guru Besar, Anies Kenang Persahabatan Sejak Kuliah

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 17:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kampus IPB. (Rahel/detikcom)
Bogor - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria dikukuhkan menjadi guru besar tetap Fakultas Ekologi Manusia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya dan Arif bersahabat sejak masa kuliah.

"Pertama, saya ingin mengucapkan kepada Profesor Arif. Arif itu adalah sahabat sejak zaman kuliah. Saya ketua senat mahasiswa di (Universitas) Gadjah Mada, Arif ketua senat mahasiswa di IPB. Jadi kita berteman dari masa itu," kata Anies di auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Sabtu (11/1/2020).


Anies dan Arif pernah menjalani pendidikan di luar negeri, tapi persahabatan terus terjalin. Anies mengaku senang melihat sahabatnya telah resmi menjadi guru besar di IPB.

"Lalu kita belajar bersama-sama ketika meneruskan, Arif ke Jepang, saya ke Amerika. Persahabatan tuh jalan terus. Dan senang rasanya melihat sahabat yang sekarang mencapai puncak karier sebagai guru besar di IPB ini," ujar Anies.

Lebih lanjut Anies memuji ketekunan dan terobosan Arif, khususnya di bidang kelautan. "Kalau ketekunan Profesor Arif di dalam studinya di, khususnya terkait kawasan pesisir, perikanan, kelautan menghasilkan terobosan-terobosan penting," ucap Anies.

Dia mengatakan Arif bukan akademisi yang hanya membuat teori. Lebih dari itu, Arif merupakan seorang yang dapat mengintegrasikan ilmu pengetahuan menjadi sebuah terapan bagi masyarakat.

"Jadi kita menyaksikan seorang guru besar yang bisa mengkombinasikan antara ilmu pengetahuan kemudian menerjemahkannya dalam bentuk solusi untuk masalah-masalah yang ada di masyarakat. Jadi bukan sekadar akademisi yang berkutat di dalam laboratorium dan riset, tapi juga memiliki unsur terapan yang sangat banyak," tutur Anies.