Terlalu! Ini Aksi Senyap Pencuri Penutup Gorong-gorong di Jakarta-Depok

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Jan 2020 15:14 WIB
Ilustrasi gorong-gorong (Yulida Medistiara/detikcom)

Pulogadung

Penutup gorong-gorong di Jl Perintis Kemerdekaan, Pulogadung, dicuri. Pelaku sempat dipergoki warga, namun kabur menaiki bajaj.

Pedagang di sekitar lokasi, M Amilin, mengatakan pencurian tutup gorong-gorong terjadi pada Sabtu (3/3/2018) dini hari.

"Teman saya pulang lihat ada orang lagi ambil besi, terus pas ditegur kabur. Dia menggunakan bajaj," kata Amilin.

Lokasi gorong-gorong yang tutupnya dicuri berada di dekat lampu merah ITC Cempaka Mas yang mengarah ke Pulogadung. Gorong-gorong itu terletak di pinggir jalan.

Untuk menghindari kecelakaan di lokasi, cone dan tong sampah di dekat halte sekitar digunakan warga untuk menjadi penanda.

Pada sekitar pukul 17.30 WIB, petugas PPSU yang sedang membersihkan area di sekitar lokasi juga mengecek gorong-gorong. Petugas tersebut memfotonya dan mengaku akan melaporkan kejadian tersebut ke atasannya. "Paling akan dilaporin ke grup," kata si petugas.

Sudirman

Besi penutup gorong-gorong di sepanjang Jl Sudirman kerap hilang dicuri orang. Pencurinya tidak main-main, karena harus bermodal mobil. Dengan mobil tersebut, pencuri menarik besi penutup gorong-gorong di jantung kota Jakarta itu.

"Mereka menggunakan mobil, kemudian menarik penutup gorong-gorong itu," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo saat ditanya bagaimana para pencuri bisa mengambil penutup besi tersebut, Rabu (9/5/2012).

Operasi ini tentunya dilakukan saat hari gelap dan saat sepi.

Ery menyatakan pencurian ini sudah dilaporkan ke petugas kepolisian. Namun hingga kini belum ada yang tertangkap.

Akibat pencurian besi gorong-gorong ini, Dinas PU DKI berencana mengganti besi penutup gorong-gorong ini dengan menggunakan beton. Penggunaan beton ini diharapkan bisa menghilangkan kasus pencurian ini.
(aan/hed)