Cuaca Ekstrem-Gelombang Tinggi, Nelayan di Banyuasin Pilih Tak Melaut

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 15:32 WIB
Foto: Nelayan di perairan Sungsang. (Raja Adil-detikcom)
Palembang - Nelayan di perairan Sungai Sungsang Banyuasin, Sumatera Selatan mulai mewaspadai cuaca ekstrem akhir-akhir ini. Bahkan, sejumlah nelayan memilih tidak melaut.

Cuaca ekstrem yang terjadi di Desember hingga saat ini membuat kondisi ombak di laut tidak dapat diprediksi. Karena khawatir, nelayan tetap bersandar dan tidak mencari ikan untuk sementara waktu.

Alfajri (41), nelayan asal Desa Muara Sungsang ini mengaku telah lebih 20 hari tak mencari ikan. Padahal, ia biasa mencari ikan ke laut bersama para nelayan lainnya.

"Ombaknya sekarang tinggi, kalau sudah lewat pukul 10.00 WIB kita lebih memilih mencari ikan di sungai ini. Hasilnya lebih sedikit, tapi lebih aman, dibanding harus ke laut," terang Fajri kepada wartawan di Palembang, Jumat (10/1/2020).


Para nelayan, kata Fajri, memang sudah memprediksikan cuaca ektrem di bulan Desember sampai Februari mendatang. Sehingga, mereka mencari ikan tak jauh dari kampung meski ada beberapa yang tetap ke laut.

"Ada beberapa yang tetap ke laut, tetapi banyak cari ikan di sungai atau perbaiki peralatan. Nanti kalau udah normal lagi baru kembali ke laut," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2