Mahfud Bahas Kerja Sama Penanganan Terorisme dengan Jepang

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 14:46 WIB
Foto: Kadek-detikcom/ Menko Polhukam Mahfud Md
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md bertemu Direktur Jenderal Penanggulangan Terorisme Jepang Shigenobu Fukumoto. Dibahas kerja sama penanganan terorisme, salah satunya program deradikalisasi.

"Ya kerja sama pemberantasan terorisme dan deradikalisasi. Akan ada forum semacam tim bersama untuk secara rutin bicara terorisme dan pengamanan kawasan," Kata Mahfud di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Tim gabungan ini menurut Mahfud masih dalam proses pembentukan. Jepang menurutnya fokus mencegah tindakan terorisme yang juga menggunakan teknologi canggih.

"Jepang juga kan khawatir dengan terorisme, karena terorisme lebih canggih kan. Pertama melibatkan perempuan dan anak-anak, yang kedua transfer uangnya tuh sudah melalui ini HP kayak gini smartphone, jadi sudah digital transaksinya," ujar Mahfud.




"Kalau dulu kan lewat bank lewat apa sekarang duit itu sudah sampai ke yang bersangkutan dan itu disamarkan karena dibagi. Misalnya di Indonesia yang nerima ada sekian ratus orang dibagi-bagi lah kumpul di sini di anu lagi dioperasikan untuk membeli senjata untuk merakit senjata dan sebagainya," sambung dia. (fdn/fdn)