Mengenal Memiles, Investasi Bodong Beromzet Rp 750 M

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 11:51 WIB
Memiles, Investasi Bodong/Foto: memiles
Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur baru-baru ini membongkar kedok investasi bodong Memiles. Berdasarkan penyelidikan diduga, omzet penipuan ini mencapai Rp 750 miliar dengan ratusan ribu anggota.

Memiles sendiri telah dihentikan kegiatan operasionalnya oleh OJK dan Satgas Waspada Investasi. Penyetopan itu dilakukan pada Agustus tahun lalu.



Berikut fakta-fakta Memiles yang dirangkum detikcom:

1. Profil

Dikutip dari Memiles website, Memiles adalah aplikasi yang bergerak di bidang digital advertising. Perusahaan ini dibuat oleh PT kam and Kam yang memadukan tiga jenis bisnis, yaitu advertising, marketplace, dan traveling.

2. Skema Ponzi

Memiles menggunakan skema ponzi untuk melakukan penipuan kepada anggotanya. Skema ini adalah investasi palsu yang membayarkan keuntungan untuk investor dari uang sendiri atau dibayarkan oleh investor berikutnya.

3. Janjikan Mobil Hingga Emas

Cara kerja Memiles menggaet orang bergabung dengan mengiming-imingi hadiah menarik. Mulai dari mobil, motor, hingga emas dijanjikan bila anggota mau top up sejumlah uang.



4. Seret Artis Ternama

Investasi bodong ini menyeret sejumlah artis ternama, seperti penyanyi Judika, dan Marcello Tahitoe atau Ello. Bahkan, dalam postingan di Instagram Ello mendapatkan sebuah mobil mewah.

5. Bodong

Pimpinan Memiles, KP dan FS ditangkap oleh Polda Jatim karena menjalankan investasi bodong. Sebelumnya, investasi ini telah dihentikan operasionalnya karena skema yang tidak rasional.


(pay/erd)