MUI Akan Gelar Kongres Umat Islam Indonesia Ke-7 di Babel 26-29 Februari

Faisal Javier - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 16:36 WIB
MUI akan menggelar Kongres Umat Islam Indonesia ke-7 di Babel, Februari 2020. (Faisal Javier/detikcom)



Sementara itu, Wasekjen MUI Bidang Ukhuwah Islamiyah, Zaitun Rusmin, mengatakan KUII ini diharapkan melahirkan ide-ide inklusif dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia, tidak hanya umat Islam. Oleh karena itu, di dalam tema diselipkan 'NKRI' untuk menghilangkan dikotomi muslim dan nonmuslim.

"Artinya, kalau umat Islam maju, bangsa maju. Nah, kita ingin begitu. Kita ingin umat Islam itu insyaallah tidak tertinggal dalam kemajuan negara ini, tapi juga anak bangsa lain akan bersama-sama untuk diharapkan pada sesuatu yang integral," jelas Zaitun.

Kondisi politik dan ekonomi juga akan menjadi sorotan pada KUII ketujuh. KUII diharapkan menghasilkan jawaban untuk mengatasi politik transaksional yang menodai sistem pemilihan langsung, dan masalah kesenjangan ekonomi di Indonesia.


"Nah, ini perlu nanti juga dibahas di KUI, sebaiknya ke depan seperti apa," ujar Wasekjen Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga MUI, Prof Valina Singka Subekti.

KUII ketujuh rencananya dihadiri 700 orang peserta. Selain perwakilan MUI se-Indonesia, kongres akan dihadiri perwakilan ormas Islam, pesantren, perguruan tinggi Islam, dan cendekiawan muslim.
Halaman

(jbr/jbr)