Laporan dari Tokyo

Megawati: Pancasila Bisa Jadi Tameng Hadapi Post Truth

Indra Komara - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 07:26 WIB
Foto: Megawati di Tokyo (Indra-detikcom)
Tokyo - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan Pancasila bisa menjadi tameng menghadapi post truth atau pascakebenaran. Megawati menilai Sila ke-2 mampu menuntut kebenaran untuk diverifikasi.

"Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah nilai yang mampu menjadi tameng dalam menghadapi post truth. Adil dan beradab akan membimbing kita sebagai manusia untuk melakukan fact checking, untuk selalu menuntut kebenaran yang dapat diverifikasi. Hal ini akan menghindarkan kita dari tindakan manipulatif," kata Megawati di Tokyo, Jepang, Rabu (8/1/2020).


Sila kedua Pancasila itu dinilai melahirkan persatuan dari rasa empati, persaudaraan, hingga pembebasan , termasuk menetaskan politik emansipatoris atau perkembangan manusia.

"Politik yang membuka ruang bagi mereka yang terpinggirkan. Itulah keyakinan saya dalam berpolitik, yaitu Politik Kemanusiaan. Kemanusiaan yang adil dan beradab," ujar Megawati.


Bagi Megawati, kemansiaan bukan sekadar wacan melainkan menjadi tatanan nilai hidup yang dipertanggungjawabkan.

"Peluk erat kemanusiaan dalam pikiran, karena manusia yang berpikir dalam kemanusiaan akan hidup dalam kegembiraan dan menjadi manusia yang Merdeka," ujarnya.


(idn/aan)