Curhat Korban Longsor Sukajaya Bogor: Toilet Cuma 1, Pengungsi Ratusan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 19:32 WIB
Warga korban longsor mengungsi si SDN 3 Sukajaya, Bogor. (Sachril/detikcom)
Bogor - Warga yang terkena dampak tanah longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih mengungsi. Mereka mengeluhkan minimnya toilet hingga tempat istirahat.

Kondisi tersebut diungkapkan, Siti Aminah, warga terdampak longsor dari Kampung Cibuluh, Desa Harkatjaya, Sukajaya. Siti dan warga lainnya mengungsi di SDN 3 Sukajaya, Bogor.

"Airnya juga mampet. Sekarang toiletnya cuma 1, warga yang mengungsi ratusan. Mana cukup," kata Siti di SDN 3 Sukajaya, Rabu (8/1/2020).


Minimnya toilet membuat dia dan warga lainnya kesulitan. Ketika malam dan ada yang ingin ke kamar mandi, sambungnya, warga akan pergi ke kali.

"Jarak ke kali dari SD lumayan, ya jalan kaki ke bawah kalau mau buang air. Jalan kira-kira 20 menitan lah," ujar Siti.

Pengungsi lainnya, Neneng, berharap pemerintah bisa menyediakan toilet umum untuk para pengungsi. "Kalau bisa disediakan toilet kotak (toilet portabel) gitu," kata Neneng.

Kebutuhan air bersih, dikatakan Neneng juga mendesak. Untuk keperluan mencuci atau mandi, warga harus pergi dari tempat pengungsian.

"Saya kalau mau mandi atau mencuci itu di kali atau numpang di rumah tetangga. Kadang juga ke rumah saudara," ungkap Neneng.


Sudah Sepekan, Tiga Korban Longsor Sukajaya Belum Ditemukan:


Selanjutnya
Halaman
1 2