Akses Menuju Desa yang Terisolasi karena Longsor di Sukajaya Mulai Terbuka

Farhan - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 16:50 WIB
Petugas membuka akses longsor di Sukajaya. Bogor. (Farhan/detikcom)
Bogor - Akses utama menuju Desa Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, yang terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan akibat longsor sepekan lalu, kini mulai terbuka. Empat titik longsor yang menutup jalan utama desa itu sudah bisa ditembus petugas dengan alat berat.

"Ini titik (longsor) terakhir, panjang longsoran ada 200 meter," kata Koordinator Penanganan Longsor di jalur Desa Harkat Jaya, Desa Urug, Nunu Nugraha, Rabu (8/1/2020).

Meski sudah terbuka, jalan utama yang menghubungkan Desa Harkat Jaya dengan Desa Urug ini belum bisa dilalui oleh kendaraan umum. Hanya kendaraan jenis offroad yang bisa melintas.


Pantauan di lokasi, 4 titik longsor yang menutup jalan utama penghubung dua desa antara Desa Harkat Jaya dengan Desa Urug sudah ditembus petugas menggunakan alat berat. Namun lumpur sisa material longsor masih menumpuk di jalan sehingga masih menyulitkan pejalan kaki dan pengendara yang ingin melintas.

Saat ini, kendaraan-kendaraan alat berat bekerja dengan tugas yang berbeda. Beberapa alat berat bekerja di bagian depan untuk menembus titik longsor. Sementara beberapa alat berat lainnya yang ada di belakang bekerja membersihkan lumpur sisa longsoran. Di lokasi ini, ada 9 kendaraan alat berat yang disiagakan untuk menyingkirkan material longsor yang menutup jalan utama menuju Desa Urug.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2