Mesin Waktu

Berakhirnya Pelarian Raja Narkotika Si Pendek dari Meksiko

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 15:31 WIB
Foto: Marinir bersenjata lengkap mengawal pemindahan Joaquin "El Chapo" Guzman (AP)
Jakarta - Tepat tanggal ini, pada empat tahun lalu raja narkotika asal Meksiko Joaquin Guzman atau El Chapo yang licin bak belut kembali tertangkap. El Chapo alias "Si Pendek" dua kali berhasil melarikan diri dari penjara dengan tingkat keamanan maksimum.

Pelarian terakhirnya terjadi setengah tahun sebelum penangkapannya. El Chapo mampu membobol Centro Federal de Readaptacion Social Numero 1 "Altiplano" yang berlokasi di Santa Juana Centro hampir 100 km dari ibu kota negara.


Dia kabur melalui sebuah lubang yang digali dekat kamar mandi selnya. Penjaga menemukan sebuah tangga setinggi 10 meter turun ke sebuah terowongan. Terowongan dengan tinggi 1,7 meter dan lebar 75 sentimeter itu mengarah ke sebuah rumah yang berjarak 1,5 km dari penjara Altiplano.

Kaburnya El Chapo bikin geger Meksiko. Pasalnya Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto pernah berjanji Chapo tidak akan bisa melarikan diri lagi saat tertangkap pada 2014. Sejumlah petugas penjara Altiplano diperiksa intensif unit kejahatan terorganisir Kejaksaan Agung Meksiko.

"Saya pikir mereka meremehkan kelicikan dan sumber daya tak terbatas yang dimiliki Chapo Guzman," ujar Mike Vigil, mantan Kepala Operasi Global U.S. Drug Enforcement Administration pada Reuters. Vigil terlibat dalam penangkapan Chapo sebelumnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3