7 Fakta Garuda Pancasila, Lambang Negara Indonesia

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 14:34 WIB
Fakta Garuda Pancasila/Foto: Enggran Eko Budianto
Jakarta - Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Ada berbagai fakta Garuda Pancasila yang perlu diketahui. Apa saja?

Rakyat Indonesia harus menghormati Garuda Pancasila dan bendera Merah Putih. Sebab, keduanya merupakan hasil perjuangan dari para pejuang kita.



Berikut fakta Garuda Pancasila yang dirangkum detikcom:

1. Perancang

Garuda Pancasila dirancang oleh seorang tentara KNIL bernama Sultan Hamid II. Pemilihan lambang negara ini dilakukan pada tahun 1950 oleh Panitia Lambang Negara.

2. Jumlah Bulu

Jumlah bulu burung garuda sesuai dengan tanggal kemerdekan. Bagian pada Garuda Pancasila untuk sayap berjumlah 17 helai bulu kiri dan kanan. Untuk ekor berjumlah 8 yang artinya bulan Agustus.

Kemudian, pada pangkal ekor jumlah bulu mencapai 19 dan leher 45. Artinya, jumlah bulu Garuda Pancasila menyatakan arti tanggal 17 Agustus 1945.

3. Perisai

Urutan lambang Garuda Pancasila selanjutnya adalah perisai. Perisai ini mewakili semua sila pancasila, bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas.



4. Arti Bhennika Tunggal Ika

Fakta Garuda Pancasila lainnya adalah kain putih bertuliskan 'Bhennika Tunggal Ika'. Kata tersebut berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

5. Warna

Ada berbagai warna pada Garuda Pancasila. Setiap warna pun mengandung arti, seperti putih kesucian, hitam keabadian, merah keberanian, hijau kesuburan, dan kuning kebesaran.

6. Filosofi

Garuda Pancasila dikenal akan filosofi kuno dari kendaraan dewa Wishnu yang pemberani. Burung garuda menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang kuat.

7. Lagu

Fakta Garuda Pancasila yang terakhir adalah lagu. Logo ini memiliki lagu berjudul 'Garuda Pancasila' yang diciptakan oleh Sudharnoto. (pay/erd)