Istana Nilai Perppu Keamanan Laut Tak Perlu: Kuatkan Anggaran TNI AL

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 08:25 WIB
Foto: Ali Mochtar Ngabalin (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk menguatkan peran Badan Keamanan Laut (Bakamla). Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, menilai penguatan Bakamla tidak perlu perppu.

"Kalau Demokrat mengusulkan Perppu, nggak usah pakai Perppu, semua aturannya sudah ada. DPR saja yang berikan kekuatan yang kuat kepada (TNI) Angkatan Laut (AL). Sudah itu, Bakamla akan lakukan," ujar Ngabalin kepada wartawan, Selasa (7/1/2020) malam.



Ngabalin mengatakan TNI AL sudah teruji kekuatannya. Menurutnya, DPR yang seharusnya mendukung Bakamla dengan memberikan anggaran yang maksimal.

"Karena kalau dari sisi profesional, tentara AL kita sudah teruji sampai di dunia. Semangat juangnya itu, nyawa mereka pertaruhkan. Yang tidak kita lakukan itu adalah memberikan dukungan. (Seharusnya) DPR itu memberikan dukungan anggaran yang kuat untuk AL. Kenapa? Karena luas negara RI itu lebih luas di laut daripada di darat," kata dia.


Selanjutnya
Halaman
1 2