Gempa M 6,1 di Simeulue Aceh Hanya Timbulkan Kerusakan Ringan

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 17:46 WIB
Bangunan di Simeulue Aceh rusak akibat gempa. (Agus/detikcom)
Jakarta - Gempa dengan magnitudo 6,1 terjadi di Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh. BMKG menyebut terjadi kerusakan ringan akibat gempa tersebut.

"Hingga saat ini dilaporkan terjadi kerusakan ringan di Simeulue," ujar Ketua BMKG Dwikorita Karnawati di kantor BMKG, Jl Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

Dwikorita mengatakan itu berdasarkan data kerusakan yang terjadi pada beberapa kantor di Simeulue. Kerusakan tersebut berupa kaca pecah hingga bangunan retak.

"Beberapa kantor di antaranya kantor MPU Simeulue mengalami kerusakan, seperti kaca pecah dan dinding retak," ujar Dwikorita.



Disebutkan guncangan gempa bumi ini dirasakan di Simeulue pada skala IV MMI, yang artinya getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Tapak Tuan, Singkil, Nias Utara, dan Gunung Sitoli dengan skala III MMI. Medan dengan skala II-III MMI serta Nias Barat dan Meulaboh II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun, disebutkan gempa bumi tidak berpotensi tsunami. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tuturnya. (dwia/rvk)