Unek-unek Pedagang Kantong Plastik Pasar Minggu Usai Pergub Larangan Terbit

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 17:44 WIB
Pedagang plastik di Pasar Minggu (Wilda/detikcom)

Menurut Herman, kantong plastik dapat digunakan untuk berbagai bahan makanan, termasuk jika itu memiliki kandungan air. Bahan kantong belanja ramah lingkungan, seperti kain, kata Herman, tidak menyerap air.

"Buktinya, contoh kemarin Lebaran Haji kemarin pakai itu (kantong ramah lingkungan dari kain) ceceran darah ke mana-mana ya kan, bahannya rembes airnya kan, ke mana-mana nggak nyerap air kan langsung tumpah kan. Kalau plastik kan bisa langsung nampung nggak bocor," kata Herman.

"Kalau semua pakai kain, mencukupi nggak? Kan nggak mencukupi. Kayak kantong beras itu sekarang malah langka. Ada, tapi harganya naik. Kan itu bukan solusi, mempersulit rakyat kecil itu namanya. Ya kalau orang 'gede' ya enak-enak aja nggak pernah ke pasar," sambungnya.



Pada intinya, kata Herman, bukan sampah yang menjadi sorotan. Herman mengatakan pemerintah seharusnya melakukan pengelolaan terkait sampah plastik di Ibu Kota.

"Sebenarnya intinya bukan masalah sampahnya, pengelolaannya saja ya. Itu kan tanggung jawab pemerintah daerah," pungkas Herman.
Halaman

(imk/imk)