Menko PMK Ungkap Dampak Banjir Lebak: 200 Jembatan Hilang-Kampung Jadi Sungai

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 16:31 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta - Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan dampak banjir bandang di Lebak, Banten. Dia mengatakan ratusan jembatan semipermanen hilang dan area yang semula perkampungan berubah jadi sungai karena tersapu banjir.

"Di Kabupaten Lebak ini ada 200 jembatan semipermanen yang hilang, hanyut. Karena itu yang paling mendesak adalah harus segera dibangun jembatan-jembatan darurat, dan Kemenko PMK sudah berkoordinasi dengan BNPB, sudah meminta TNI untuk membangun jembatan sementara," kata Muhadjir Effendy di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).


Dia menjelaskan nantinya akan dibangun tiga jembatan untuk akses masyarakat yang masih terisolasi, khususnya bagi anak-anak yang ingin berangkat ke sekolah. Muhadjir kemudian menyampaikan ada area yang semula perkampungan kini menjadi sungai.

"Kemudian juga di Lebak ini, sungainya pindah, bergeser. Yang semula itu kampung, sekarang menjadi sungai. Sedangkan sungainya sekarang jadi ladang batu. Karena itu sangat parah," ujar Muhadjir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3