Pembeli di Pasar Minggu Kerepotan Jika Larangan Plastik Kresek Berlaku

Wilda Hayatun Nufu - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 15:39 WIB
Pembeli di pasar menggunakan kantong plastik kresek. (Wilda/detikcom)
Jakarta - Kantong belanja plastik sekali pakai (kantong plastik kresek) dilarang di Jakarta lewat Pergub 142/2019 dan akan mulai efektif pada Juli 2020. Sejumlah warga yang berbelanja di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, merasa kerepotan jika harus meninggalkan kantong plastik.

Dewi (44) mengaku masih menggunakan kantong plastik sebagai tempat belanja saat di pasar. Biasanya, Dewi tidak siap dengan kantong belanja bila mendadak hendak membeli barang.

"Kalau belanja ya iyalah aku pakai kantong plastik. Biar nggak repot-repot bawa. Kita kan kadang-kadang nggak prepare, tiba-tiba beli di jalan, tiba-tiba anak minta beli ini-itu terpaksa belilah kantong plastik ini," kata Dewi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020).


Dewi mengaku tahu dampak sampah plastik yang sulit terurai. Namun, tetap saja dia belum siap bila kantong plastik ditiadakan di pasar.

"Ya sebenarnya itu kan limbahnya lama terurainya, cuma kan kadang-kadang kita ya itu tadi, balik lagi nggak prepare. Jadi belum siap ganti kalau di pasar ya," kata Dewi.
Selanjutnya
Halaman
1 2