Kabakamla: Masih Ada 2 Kapal Frigate China di Perairan Natuna

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 14:00 WIB
Foto: Kabakamla Laksdya Achmad Taufiqoerrochman. (Kadek-detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya Achmad Taufiqoerrochman mengatakan masih ada dua kapal frigate China di perairan Natuna. Kapal-kapal tersebut masih bertahan di sekitaran perairan Utara Natuna.

"Yang jelas tadi sudah laporan Menlu bahwa masih ada dua frigate mereka di sekitar situ, ada satu yang di luar ada dua yang perkuatan di atas. Jadi mungkin akan ada pergantian dari mereka," kata Taufiq usai rapat koordinasi khusus di Kemenko Polhulam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).


Meski begitu, Taufiq menuturkan komunikasi masih terus berjalan dengan kapal-kapal China yang bertahan itu. Orkestratif pun diperlukan untuk menjalankan operasi yang diiringi dengan diplomasi.

"Enggak, tetep komunikasi tetep jalan tapi sama isinya. Intinya begini walaupun secara legal kita tidak mengakui itu. kalau itu berdasarkan sejarah nggak akan pernah ketemu, tetapi apapun itu yang ternyata ada di lapangan adalah dia punya klaim di sana. Jadi kalau itu tidak selesai ya kapanpun akan seperti ini. Makanya kemarin saya sampaikan harus ada orkestratif antara operasi dengan diplomasi," tuturnya.


Simak Video "Soal Natuna, Prabowo Protes ke Menteri Pertahanan Tiongkok"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2