Banjir Rendam Ratusan Rumah di Bojonegara Serang

M Iqbal - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 13:57 WIB
Banjir terjadi di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten. (Foto: Istimewa)
Serang - Banjir terjadi di Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten. Ratusan rumah terendam air dengan ketinggian 50 cm hingga 1 meter di dua desa, yakni Bojonegara dan Margagiri.

"Sekarang kan sudah agak surut, di beberapa titik sudah 30 cm tadi sempat setengah meter. Ternyata memang mereka sudah sering banjir, banjirnya dari gunung," kata Komandan Kodim 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Selasa (7/1/2020).

Namun warga menolak dievakuasi. Banjir kiriman itu datang dari daerah perbukitan yang dilanda hujan deras. Air yang turun dari atas bukit mengalir ke permukiman warga sebelum ke laut.

"Kita tadi ke sana warga tidak ada yang mau dievakuasi," ujarnya.




Penyempitan saluran air dan tersumbatnya drainase membuat air menggenangi rumah warga. Beberapa warga langsung membersihkan saluran air di wilayah permukiman mereka.

"Penyempitan saluran, ini yang ngebangun SMI sama orang pasar juga. Iya, tapi sudah diperbaiki tadi dikeruk alhamdulillah udah beres," kata salah seorang warga sekitar, Andi Suhandi.

Pekan awal tahun ini, warga di Bojonegara sudah dua kali kebanjiran. Hujan dengan intensitas tinggi serta maraknya pengerukan tanah dan batu di wilayah perbukitan memperparah kiriman air ke permukiman warga. (fdn/fdn)