Puslabfor Polri: Gedung Ambruk di Slipi Jakbar Berusia 25 Tahun

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 12:00 WIB
Gedung ambruk di Slipi. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan awal pada gedung berlantai empat yang ambruk di Slipi, Jakarta Barat. Gedung itu disebut sudah berusia 25 tahun.

"Ini sudah 25 tahun, kalau dia benar nggak masalah proses salurannya, pembuangan airnya benar, terus cor-corannya bagus, itu nggak akan menimbulkan masalah. Tapi kalau dia perawatan ini aliran air tidak ada yang mandek ke struktur, itu nggak masalah," kata Kabid Balistik Metalurgi Forensik Puslabfor Bareskim Kombes Ulung Kanjaya usai melakukan pemeriksaan, di Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakbar, Selasa (7/1/2020).



Ulung mengatakan banyak gedung tua yang dirawat dengan baik dan tak bermasalah. Menurutnya, izin untuk mendirikan suatu bangunan ada di Pemprov.

"Banyak bangunan tua tidak masalah, kalau memang benar bagus. Ini kan masalah izinnya itu nanti dari Pemda yang mengetahui ya," ucapnya.



Dia menilai gedung ambruk tersebut harus dirobohkan total. Menurutnya, hal tersebut bakal dilakukan sore atau malam nanti.

"Kalau ini harus diruntuhkan semua, sudah tidak kuat, nggak bisa ini," kata Ulung.

Sebuah gedung empat lantai yang dijadikan minimarket di kawasan Slipi, Jakarta Barat, ambruk pada Senin (6/1) pagi. Peristiwa itu menyebabkan 11 orang luka-luka. (rfs/haf)