Menko PMK: Korban Meninggal Banjir Jabodetabek 67 Orang, Pengungsi 35.502

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 10:50 WIB
Menko PMK Muhadji Effendy (Usman Hadi/detikcom)

"Kemudian data kerusakan fasos (fasilitas sosial), fasum (fasilitas umum), dan perumahan. Kabupaten Lebak merupakan daerah yang dengan kerusakan infrastruktur terbanyak disusul Kabupaten Bogor," ucap Muhadjir.

Muhadjir menganggap dampak banjir di Kabupaten Lebak yang cukup parah hingga mengubah struktur sungai di sana. Hingga saat ini, katanya, 12 kabupaten-kota telah menetapkan status siaga bencana, yaitu di Provinsi Jawa Barat dan Banten.



"Di Lebak ini malah sampai sungainya, ada sungai yang pindah, bergeser dari sungai yang awal kemudian sisanya jadi sungai baru. Ada 900 rumah yang hanyut dan dua sekolah SD dan SMP juga ikut hanyut. Sampai saat ini sudah ada 12 kabupaten-kota yang menetapkan status tanggap darurat yaitu dari Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten," ungkapnya.

Sejumlah menteri turut hadir pada rapat ini, seperti Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, pihak Polri, TNI, BMKG, Basarnas, hingga perwakilan BPBD terkait.


Simak Video "Tips bagi Pengendara Mobil Ketika Melewati Banjir"

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(jef/fjp)