ADVERTISEMENT

Dinkes Sulsel Minta Pemkot/Pemkab Bentuk Posko Kesehatan Korban Banjir

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 10:47 WIB
Foto: Ilustrasi Banjir
Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeluarkan surat edaran kepada seluruh dinas bersiap menghadapi banjir dan tanah longsor. Dalam surat edaran itu, Dinkes meminta seluruh dinas Pemerintah Kota membuat posko kesehatan.

"Iya benar telah dikeluarkan surat imbauan kepada seluruh dinas untuk bersiap dan membuat posko untuk menghadapi jika terjadi bencana," kata plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso kepada detikcom, Selasa (7/1/2020).



Bachtiar mengatakan, dirinya telah mengeluarkan surat edaran ini sejak 3 Januari lalu. Dalam suratnya, dia meminta agar dinas kesehatan kabupaten menyiapkan posko kesehatan di titik-titik banjir dan tanah longsor, serta memberikan pelayanan kesehatan di posko pengungsian.

"Menginstruksikan dan mengkoordinasikan puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi korban bencana banjir dan tanah longsor," sebutnya.

"Bagi fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada korban banjir dan tanah longsor tidak mempertimbangkan masalah administrasi," sambung dia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT