Seniman Sulsel Deklarasi 2020 Tahun Kesenian di Gedung Societeit de Harmonie

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 00:10 WIB
Sekumpulan seniman dan budayawan Sulawesi Selatan (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar - Sekumpulan seniman dan budayawan Sulawesi Selatan (Sulsel) mendeklarasikan tahun 2020 sebagai tahun kesenian di Gedung Kesenian Sulsel Societeit de Harmonie, Makassar. Deklarasi para seniman yang tergabung dalam Forum Masyarakat Seni (Formasi) Sulsel itu merupakan gerakan kebangkitan para seniman dan budayawan untuk menghidupkan kembali Gedung Societeit sebagai pusat berkesenian di Sulsel.

Koordinator pergerakan Formasi Sulsel Andi Makmur Burhanuddin mengatakan, sekitar hampir satu dekade, Gedung Societeit jarang difungsikan sebagai pusat aktivitas para seniman dan pementasan seni, karena minimnya dukungan dari Pemprov Sulsel.

Momentum tahun 2020, yang juga sering disebut tahun politik karena dilaksanakan pilkada serentak di beberapa kabupaten/kota, lanjut pria yang akrab disapa Noval ini, juga dijadikan sebagai tahun kebangkitan kesenian di Sulsel untuk memberi keseimbangan aktivitas kehidupan masyarakat di Sulsel.


"Sebenarnya Gedung Societeit, yang merupakan aset daerah Sulsel, pernah direnovasi, tapi tidak representatif bagi para seniman di sini. Kami berharap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dukungan dan kepeduliannya pada kesenian dan kebudayaan Sulsel," ujar Noval.

Sementara itu, menurut budayawan Sulsel Hasymi Ibrahim dalam pidatonya, upaya membangkitkan kesenian di Sulsel sangat penting sebagai penyeimbang kegiatan kemanusiaan yang lebih penting dari agenda politik di tahun 2020. Selama ini, menurut Hasymi, posisi seniman sering terpinggirkan di bawah bayang-bayang politikus.

Selanjutnya
Halaman
1 2